BREAKING NEWS

Sunday, July 17, 2016

How To Convert File Adobe Illustrator To PSD File With With Layer

Saat pertama kali kita coba cari vector, eh,, yang tampil pasti formatnya Ai / .eps, sedangkan kamu hanya menguasai satu software saja, yaitu Adobe Photoshop, bagaimana kamu bisa membuka file ai di photosop, jawabanya jelas tidak bisa, itu harus di convert terlebih dahulu,
dari sini lah banyak yang bertanya kepada saya, Mas ,, bagaimana caranya untuk convert Ai ke PSD, dan saya mencoba untuk mencarinya dengan cara mengotak atik file tersebut di Ai, bisa dengan (CTRL+C) lalu buka photosop dan buka new page, terus di paste (CTRL+V) di lembar kerja photosop, emang bisa sih,, tapi layernya tidak bisa dipisahkan, lalu saya terus mencoba mengotak atik, bagaimana sih caranya,,
sampai saatnya saya menemukan sebuah trik dengan cara saya sendiri, tanpa melihat google ataupun guru,
ya itu berawal dari insting saya sendiri, cara silahkan kalian baca dengan seksama thread dibawah ini,
kalo bisa sambil dipraktekan, biar tidak lupa, saya akan menggunakan contoh image dibawah ini,
Gambar diatas adalah gambar yang saya download dari stockimage, (udah saya ganti dikit text nya. hehe) , jika kamu ingin download dimana cari file yang format eps, kamu bisa pergi ke Allfreedownload atau Vecteezy, dan masih banyak lagi,
Ok, saya akan mengolah gambar diatas dengan menjadi format PSD, cekidot..



Emang bisa ya convert file Ai ke PSD file ??? 

Yah,, kamu tidak salah baca. Convert File ke PSD dari Ai, itu memang sangat bisa...
silahkan kamu ikuti tutorial ini mudah koq, tinggal klik klik aja,, apalagi jika sudah menguasai software diluar kepala,
Untuk langkah awal, 

1. kamu bisa buka software Adobe Illustrator kamu,

2. Open File yang akan kamu convert menjadi psd

3. setelah dibuka, silahkan kamu ungroup file tersebut menjadi beberapa Path,

4. klik satu persatu setiap path, kemudian tekan CTRL+G per Path. (ubah path menjadi
    group)


ini contoh gambar sebelum di GROUP


ini contoh gambar setelah di GROUP




5. jika semua sudah selesai di ubah menjadi group, silahkan kamu simpan dengan cara :
Klik File - Export - save menjadi PSD




6. Kemudian Langkah ke enam silahkan buka Software Adobe Photoshop kamu, kemudian klik open (buka file hasil export tadi).

7. Dan lihat hasilnya pada Tiap Layer pada Photoshop kamu,



Bagaimana ?? mudahkan,,
jika kamu masih kebingungan, kamu bisa tonton video berikut ini,




Jika kamu merasa video ini telah memabntu anda, silahkan like dan bagikan, jangan lupa untuk subscribe, untuk update video dan tutorials terbaru,
terima kasih,

Post a Comment